04.57 Comment0 Comments


Air, adalah hal penting bagi kehidupan, lebih penting lagi jika cara mendapatkannya tinggal putar kran dan langsung bisa dipergunakan setiap waktu, ini juga yang dimimpikan semua orang, khususnya yang tinggal di lokasi yang tidak tersentuh oleh pipa jaringan PDAM, bisa beli pompa Sanyo tapi kalo gak ada listrik?, lebih bermasalah lagi jika ada sumber (mata air) tapi posisi lebih rendah dari rumah atau pemukiman. Jika itu yang dialami, mungkin tutorial ini harus anda baca sampe titik air penghabisan, dan akhirnya anda harus bikin pompa hidram.




Pompa Hidram, Hidraulik Ram Automatic atau kebanyakan masyarakat Jawa menyebutnya dengan Pompa Dongkleng, karena lidah Jawa lebih mudah menyebut pompa ini dari suaranya waktu bekerja, dibanding nama aslinya. Pompa ini bekerja tanpa menggunakan bahan bakar, listrik atau tambahan energi dari luar. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari sumber dan sebagian dari air tersebut di pompakan ketempat lebih tinggi. Catatan saya selama ini, pompa ini mampu mengalirkan sepanjang 600 meter horizontal (dataran/flat), dan di daerah Pujon Malang naik hingga 100 meter vertikal.

Kabarnya pompa hidraulik ram ini masuk indonesia dari Inggris pada tahun 1971 melalui ITB (Intitut Teknologi Bandung), buku panduannya untuk membuat dan pemasangan dengan Judul “Teknologi Pompa Hidraulik Ram - Buku Petunjuk untuk Membuat dan Pemasangan


sember : http://jusron(at)Faizal.web.id




0 komentar: