08.30 Comment0 Comments

Melumasi Rantai Roda
Banyak yang salah kaprah merawat rantai. Biasanya diolesi pakai oli. Padahal rantai dirancang sampai rusak tidak perlu pelumas lagi. Kecuali motor tidak dilengkapi tutup rantai, sah saja dilumasi. Mengolesi rantai paling efektif 1 minggu dan hanya luarnya saja. Karena putaran rantai, oli nyiprat dan terbuang. Sehingga perlu diolesi lagi setiap minggu. Untuk membuat gemuk bisa masuk ke dalam rol rantai. Pertama rebus gemuk hingga 100c sampai cair. Diharapkan gemuk bisa melewati celah yang kecil. Memang sih pabrik rantai menggunakan gemuk khusus dan pemanasan sampai 200c. Kemudian rendam rantai selama sepuluh menit biar cairan meresap di setiap celah. Setelah direndam sebelum titik beku gemuk menggumpal, angkat rantai lalu keringkan. Setelah mengering rantai siap dipasang dengan rol penuh gemuk.
Mendeteksi Speleng Cakram
Speleng bukan cuma kejadian di ban depan belakang. Piringan atau cakram pasti kena putaran nggak benar. Di Pabrik biasa dideteksi dengan dial-gauge. Untuk Anda yang tidak memiliki alat tersebut dapat menggunakan spidol. Pertama coret garis vertikal. Enggak usah banyak, cukup setengah keliling cakram. Supaya tidak repot jarak garis bikin rapat saja. Sesudah dicoret, putar ban dengan tangan. Biarkan ban sampai berhenti, kemudian lihat kondisi garis. Putaran cakram normal kalau coretan terhapus, berarti terkena gesekan kampas rem. Bila masih ada garis yang tebel, maka putaran cakram tidak normal. Kemudian dicek apakah penyebab cakram speleng, mungkin baut cakram atau kaliper yang bermasalah.
CARA PERAWATAN RANTAI SMH
Rantai roda atau yang sering disebut Drive Chain merupakan salah satu komponen vital dalam sepeda motor Honda. Kondisi rantai sangat berpengaruh pada performa atau unjuk kerja sepeda motor, oleh karena itu dibutuhkan perawatan yang sangat serius.Berikut ini beberapa tips dalam merawat rantai sepeda motor :- Sebelum mengendarai sepeda motor, periksalah kelonggaran rantai roda.- Jangan biarkan rantai roda longgar sampai berlarut-larut. - Periksa juga mata gigi tarik belakang (Sprocket Driven), jangan sampai aus (cacat) dan perlu dilakukan pelumasan rantai roda dengan oli.- Bila rantai roda dan gigi tarik sudah menjadi aus/longgar, segeralah mengganti rantai roda pada bengkel resmi sepeda motor Honda dikota / desa terdekat.- Penggantian gigi tarik dan rantai roda adalah menggunakan merek " Honda Genuine Parts" yang menjamin keawetan sepeda motor anda.



sumber artikel:http://www.motorku.netfirms.com & www.cdn.co.id

0 komentar: